Selasa, 15 Mei 2012

Materi Smt 2

Manajemen File
Hal pokok yang harus kita pelajari agar dapat mengoperasikan komputer dengan baik adalah mengelola file dan mengatur peripheral  komputer.
Aktivitas manajemen file terdiri atas penempatan file dalam folder yang sesuai, membuat folder, penggantian nama file/folder, pemindahan file ke folder lain, penghapusan file/folder yang tidak diperlukan lagi, dan sistem backup data agar ada file cadangan jika terjadi kerusakan file dalam komputer.
A.      Manfaat Manajemen File
1.       Mengatur data atau file di komputer;
2.       Memudahkan pencarian file;
3.       Cara untuk menghemat media penyimpanan hard disk dengan menghapus file yang tak diperlukan;
4.       Mengurangi risiko kehilangan data dengan membuat backup (file cadangan).
Untuk mendapatkan keuntungan manajemen file, anda harus memahami langkah-langkah manajemen file yang benar. Anda juga harus memperhatikan file-file yang tidak boleh diubah terutama untuk file-file sistem di dalam folde C:/Windows karena isi folder tersebut digunakan untuk mengatur sistem dalam komputer anda. Karena perubahan nama maupun letak file sistem dapat mengganggu kinerja komputer.
Windows Explorer adalah program aplikasi yang digunakan untuk pengaturan file dan folder pada sistem operasi Windows. Folder adalah tempat atau ruang penyimpanan file-file yang anda pergunakan. Dengan adanya Windows Explorer anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan pengaturan file seperti: menyalin, memindah, menghapus, dan memformat media penyimpanan file (misalnya disket atau USB Flash Disk).
B.      Membuat Shortcut
Shortcut adalah cara cepat untuk menjalankan program/data yang disimpan pada suatu direktori tertentu. Shortcut berisi path menuju ke data/program yang dimaksud dan disimbolkan oleh ikon tertentu. Ikon program adalah gambar-gambar kecil yang menempel di atas desktop yang diikuti dengan identitasnya. Ikon ini kita dapat kita tambah dan kurangi sesuai dengan kebutuhan kita.
C.      Utility
1.       Recycle Bin
Recycle Bin adalah tong sampahnya Windows, dimana setiap kali terjadi penghapusan file-file tersebut belum benar-benar dihapus, tetapi masih disimpan di recycle bin ini. Oleh karena itu, file yang dihapus (termasuk file yang terhapus tanpa sengaja) masih bisa dikembalikan sepanjang recycle bin belum dibersihkan.
2.       Find
ada saatnya ketika kita ingin bekerja dengan suatu file atau direktori, kita terlupa di mana kita menyimpan file atau direktori tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyediakan fasilitas Search yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a.       Klik tombol Start
b.      Klik Search
c.       Ketikkan nama file/folder atau kata kunci yang berhubungan dengan file/folder yang dicari.
D.      Macam-Macam Menu
Berikut ini adalah berbagai macam jenis menu pada pengaturan file di Windows Explorer.
1.       Menu pull down merupakan kumpulan perintah komputer yang disajikan berdasarkan kelomopk atau kesamaan perintah, selain itu menu pull down juga dapat dikatakan menu yang muncul pada saat klik bagian tertentu akan muncul ke atas atau ke bawah. Misalnya adalah File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help.
2.       Menu Cascading adalah menu sekunder atau lanjutan yang muncul pada saat memilih bagian menu tama. Contoh pada saat memilih menu View, maka akan muncul beberapa sub menu tools.
3.       Menu Pop up, menu yang dapat muncul dan dapat disembunyikan atau on-off, caranya dengan klik tombol kanan mouse. Cara menu ini lebih cepat daripada pull down dan cascading. Perubahan dari menu pop up bergantung pada letak dari indikator mouse diletakkan.
E.       Memformat
Sebelum menyimpan file pada media penyimpanan floppy disk atau flashdisk, maka floppy disk tersebut terlebih dahulu perlu diformat. Memformat disket berarti memberi koordinat posisi atau letak sebuah file di dalam disket tersebut. Memformat berarti menghapus semua data apa saja yang ada di dalam disket ataupun di hard disk.
F.       Folder
Folder adalah ruang tempat menyimpan file
G.     Drag and Drop
Drag an drop biasanya dipergunakan untuk memindahkan/menggerakkan suatu objek yang tampak pada layar monitor.
H.     Klasifikasi File Berdasarkan Ekstensinya
Anda dapat melakukan manajemen file dengan baik dengan mengenali tipe-tipe ataupun ekstensi file. Dengan adanya tampilan ikon sesuai aplikasinya, maka anda bisa mengelompokkan file-file yang sama tipenya ke dalam folder yang sama pula. Berikut ini ditunjukkan beberapa tipe file yang sering anda jumpai beserta ekstensinya dan program aplikasi yang sesuai untuk membukanya, perhatikan tabel di bawah ini!
Ekstensi File
Tipe
Program Aplikasi
*.bmp
Bitmap
Pengolah gambar
*.doc
Dokumen teks
Microsoft Word
*.exe
Program/executable
-
*.html
Dokumen web
Microsoft Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, dll.
*.jpg
Gambar
Pengolah gambar
*.mdb
Database
Microsoft Access
*.pdf
Dokumen siap cetak
Adobe Acrobat
*.psd
Dokumen Photoshop
Adobe Photoshop
*.txt
Teks ASCI
Notepad
*.xls
Spreadsheet
Microsoft Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar